Pastikan Tak Ada Transmisi dan Lonjakan Covid-19, Kepala BNPB Tinjau Pelabuhan Bakauheni

  • Bagikan

KANALLAMPUNG.COM — COVID-19 di wilayah lain, Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Doni Monardo meninjau kesiapan petugas dan seluruh komponen serta sarana prasarana dalam rangka antisipasi mobilitas masyarakat dan pencegahan lonjakan kasus COVID-19 pascalibur Idulfitri 1442 Hijriah di wilayah Pelabuhan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan,  Sabtu (16/5).

Doni mengaku kegiatan ini sesuai perintah Presiden Joko Widodo kepada Ketua Satgas Penanganan COVID-19 guna memastikan seluruh instrumen pemerintah, baik pusat maupun daerah mampu bekerja secara terintegrasi melalui kolaborasi.

Di Pelabuhan Bakauheni Donu disambut Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno yang ditunjuk menjadi Ketua Gugus Tugas Khusus Penanganan COVID-19 Penyeberangan Bakauheni, Danrem 043 Garuda Hitam Brigjen TNI Drajat Bima Yoga sebagai wakilnya dan turut serta mewakili Gubernur Provinsi Lampung yakni Sekda Provinsi Lampung Fahrizal Darminto.

Doni dan rombongan juga meninjau posko penyekatan di Exit Tol Hatta, Bakauheni Selatan. Dalam peninjauan singkat, Doni melihat cara para petugas dari Dinas Kesehatan melayani pemeriksaan kesehatan salah seorang pengemudi angkutan logistik menggunakan tes usap berbasis antigen, sebagai salah satu syarat perjalanan yang diatur dalam Adendum Surat Edaran Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Nomor 13 Tahun 2021.

Baca Juga:  Gempa 7,1 M, Guncangan Kuat Dirasakan Warga Kepulauan Talaud

Selain wajib membawa surat bebas atau negatif COVID-19, seluruh pelaku perjalanan diwajibkan melakukan swab antigen yang disediakan di setiap posko.

Pada kesempatan tersebut, Doni telah melihat kolaborasi unsur pemerintah pusat dan daerah sudah dilakukan dengan baik, sehingga dia yakin kendala yang ada dapat diatasi dengan lebih mudah.

“Pagi ini kami telah berkunjung ke Bakauheni dan menyaksikan langsung seluruh instansi, baik yang berasal dari pusat dan juga daerah telah melakukan kolaborasi didukung TNI dan Polri,” terang Doni.

“Kami yakin dengan adanya sistem yang terintegrasi, maka kendala yang ada di lapangan akan bisa dipecahkan dengan lebih mudah,” imbuhnya.

Sebelum melanjutkan agenda, Doni menyerahkan bantuan secara simbolis berupa enam tenda dan lima ribu suplemen herbal kepada Provinsi Lampung.

TERASLAMPUNG.COM

  • Bagikan