BPOM: Semua Jenis Vaksin COVID-19 Aman

  • Bagikan
Vaksin Covid-19. Foto: indiatvnews.com

KANALLAMPUNG.COM — Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) menjamin semua vaksin COVID-19 dari berbagai merek yang aman bagi kesehatan. Karena, lembaga tersebut sudah terlebih dahulu melakukan serangkaian pengujian terhadap vaksin tersebut.

“BPOM selalu melakukan pengawasan dan pendampingan yang memastikan semua vaksin yang masuk Indonesia terjamin dari aspek keamanan, mutu, dan khasiat,” kata Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Penny Lukito secara virtual pada Jumat (13/8/2021).

Seluruh vaksin COVID-19 yang dipergunakan pada program vaksinasi nasional sudah melewati serangkaian uji kelaikan yang panjang. Dalam melakukan pengujian tersebut, pihaknya menggandeng sejumlah pakar yang membantu memberikan keputusan terkait penggunaan vaksin tersebut.

Setelah melewati rangkaian proses yang panjang itulah, baru vaksin tersebut dapat diperbolehkan untuk diberikan kepada masyarakat dalam beberapa waktu ke depan.

“Kami melakukan bersama-sama dengan tim ahlinya Komite Nasional Penilaian Obat, ITAGI, dan ahli-ahli lainnya,” tuturnya.

Dari hasil pengujian yang ketat tersebut, terdapat lima merek vaksin yang telah mendapatkan izin penggunaan darurat atau Emergency Used Authorization (EUA) yakni Sinovac, Sinopharm, Moderna, Astrazeneca, Pfizer.

Baca Juga:  Sembilan Warga Kelapatujuh Lampung Utara Terpapar Covid-19

Kemudian, pihaknya juga mengandeng sejumlah pemangku kepentingan di daerah untuk mengawasi kegiatan vaksinasi yang berjalan. Sehingga, setiap vaksin yang diberikan tersebut benar-benar memberikan dampak positif bagi masyarakat.

“Kami bersama dengan Dinas Kesehatan di daerah melakukan pengawasan ketika penyelenggaraan vaksinasi,” imbuhnya.

Ketatnya proses pengujian terhadap vaksin tersebut, maka sudah seharusnya masyarakat menjadi termotivasi melakukan vaksinasi. Mengingat, setiap vaksin yang diberikan sudah dipastikan aman dan berkhasiat dalam melawan pandemi.

“Bagi masyarakat jangan ragu, ayo melakukan vaksinasi yang digelar di daerahnya,” imbuhnya.

Dalam kesempatan kali itu, Penny juga mengajak masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) yang berlaku saat ini. Dengan menerapkan secara disiplin prokes maka berpotensi besar mencegah penyebaran wabah global COVID-19 ke depan.

“Kami juga mengimbau masyarakat tetap mentaati prokes ketika melakukan berbagai kegiatan di dalam maupun di luar rumah,” pungkasnya.

  • Bagikan