PLB Pertamina Dimulai di Bandarlampung, Pertalite Seharga Premium

  • Bagikan

KANALLAMPUNG.COM — PT Pertamina mulai hari ini (14/3/2021) menjalankan Program Langit Biru (PLB) di Kota Bandarlampung. Dengan program ini Pertamina mengajak maasyarakat menggunakan bahan bakar minyak (BBM) pertalite yang lebih ramah lingkungan. Harga pertalite pun pada hari ini dijual dengan harga yang sama dengan premium (Rp6.450/liter).

Sebelumnya, harga pertalite di Lampung Rp7.850/liter, sedangkan harga premium lebih murah, yaitu Rp6.450/liter.

Dari 39 stasiun pengisian BBM untuk umum (SPBU) di Bandarlampung, hanya tiga SPBU yang masih menjual premiunm. Yaitu SPBU Panjang, SPBU Jalan Pramuka, dan SPBU Wayhalim Bypass.

Dari 36 SPBU yang tidak lagi menjual premium, hanya 27 yang menjual pertalite seharga premium. Artinya, ada 9 SPBU yang masih menjual pertalite dengan harga normal (Rp7.850/liter).

Manajer Wilayah Lampung-Bengkulu PT Pertamina, Donny Brilianto, mengatakan pertalite seharga premiun hanya berlaku untuk kendaraan roda dua, roda tiga, dan roda empat yang pelat kuning.

“Diskon pertalite seharga premium hingga enam bulan. Program ini hanya untuk konsumen kendaraan bermotor roda dua dan tiga, angkutan umum kota (angkot), serta taksi plat kuning. Kami mengajak masyarakat merasakan langsung penggunaan BBM berkualitas dalam rangka meningkatkan udara yang bersih dan sehat,” kata Donny, Minggu (14/4/2021).

Baca Juga:  Beromzet Puluhan Juta, Warga Lamsel Ini Pasarkan Ikan Cupang Hias Hingga ke 10 Negara

Soal tiga SPBU yang masih menjual premium, Donny mengatakan hal itu karena tiga SPBU tersebut memang mendapatkan tugas dari Badan Pengatur Hilir Migas.

“Peralihan dari premium ke pertalite semoga lancar. Ini untuk kebaikan kita bersama, dengan mengurangi emisi gas buang,” katanya.

Menurutnya, BBM berkualitas memiliki kadar oktan (Research Octane Number/RON) tinggi sehingga lebih ramah lingkungan karena rendah emisi. Selain itu, BBM berkualitas akan berdampak positif terhadap performa kendaraan, serta lebih irit konsumsi BBM karena pembakaran di ruang mesin lebih sempurna.

“Melalui harga khusus, kami mengajak pengendara mendapatkan pengalaman menggunakan BBM berkualitas, seperti mesin kendaraannya lebih awet dan bertenaga,” ujarnya.

src="https://jsc.mgid.com/k/a/kanallampung.com.1133952.js" async>
  • Bagikan