Penguatan Kelembagaan Nasional 2023, P3A Sri Makmur akan Wakili Lampung

KANALLAMPUNG.COM — Paguyuban Petani Pemakai Air (P3A) Sri Makmur, Lampung Tengah, akan mewakili Provinsi Lampung dalam Lomba Penguatan Kelembagaan Tingkat Nasional 2023. P3A Sri Makmur menjadi wakil Lampung setelah menyisihkan peserta dari Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung.

Terkait P3A Sri Makmur melakukan paparan di Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung,  Senin, 10 Juli 2023 .

Sebelumnya, Dinas SDA Lampung Tengah melakukan seluruh tahapan seleksi yang dimulai dari seleksi tingkat Kabupaten Lampung Tengah, pembinaan dan pembekalan, penguatan materi unggulan, pembuatan video dan materi paparan.

Ketua P3A Sri Makmur, Sutoyo, mengatakan, beberapa manfaat yang langsung dirasakan oleh masyarakat/petani dari P3A selama ini antara lain kelancaran air irigasi tingkat sekunder sampai tersier, pengawasan dan perawatan ringan saluran irigasi tingkat tersier dan saluran irigasi di wilayahnya.

“Bersama instansi terkait kami juga melaksanakan jadwal tanam yang telah ditetapkan pemerintah, keteraturan mengalokasikan air di tiap petak sawah. Kegiatan itu menyyukseskan program pemerintah yaitu Lampung menjadi lumbung pangan nasional. Hal ini sesuai dengan komitmen Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad selaku Ketua Paguyuban Petani Pemakai Air (P3A) Kabupaten Lampung Tengah dalam membina P3A,”katanya.

P3A Sri Makmur terpilih mewakili Provinsi Lampung karena kelembagaan sudah berbadan hukum, memiliki kantor sekretariat dan administrasi yang baik, serta memiliki  inovasi dan kearifan lokal berupa kegiatan Mapak Toyo (menjemput air) yang dilakukan setiap awal musim tanam.