Pemudik Bersepeda Motor di Lampung akan Dikawal Polisi

KANALLAMPUNG.COM — Untuk memberikan rasa aman dan nyaman pemudik dari Pulau Jawa menuju Sumatera,  jajaran polisi Polda Lampung (Polres/Polresta) akan mengawal perjalanan pemudik yang menggunakan sepeda motor. Pengawalan dilakukan usai para pemotor itu turun dari kapal di Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan hingga ke tempat tujuan. Pengawalan dilakukan secara estafet.

“Petugas telah siap mengawal. Untuk pengawalan sejak  pukul 7 malam  sampai pukul 5 pagi. Teknisnya,  pemudik bakal dikumpulkan dalam satu tempat yang disediakan petugas. Setelah berjumlah minimal 30 sepeda motor bakal mulai dikawal,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Lampung,Kombes Pol Raden Romdhon Natakusuma, Sabtu (30/4/2022).

“Awalnya, setelah turun dari kapal kita kumpulkan di sini (titik 0 km akses sebelum masuk tol), setelah 30 hingga 100 sepeda motor kita akan mulai kawal perjalanan selanjutnya,” imbuhnya.

Menurutnya, pemudik dengan sepeda motor bakal membeludak turun dari Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan sekitar dini hari.

Para pemudik bakal dikawal saat melewati Jalan Lintas Sumatera oleh Satgas Kawal Mudik Polda Lampung ( gabungan anggota Ditlantas Polda Lampung dan Polres Jajaran ). Dikawal depan belakang. Depan untuk petunjuk arah, belakang untuk jaga-jaga kejadian mogok atau hal yang tidak diinginkan lainnya.

Pemudik bakal diantar hingga Pos Operasi Ketupat Krakatau 2022 yang berada di Pos Baruna, Panjang, Bandar Lampung.

Baca Juga:  Biddokes Polda Lampung Gelar Vaksinasi Covid-19 di Bandarlampung

Pada saat sampai  di Bandarlampung, pengawalan akan dilanjutkan oleh petugas dari Satlantas Polresta Bandarlampung,.

“Polresta Bandar lampung akan mengawal hingga memasuki Jalan Lintas Timur, Lintas Tengah, dan Lintas Barat secara estafet,” katanya.

Untuk di Jalan Lintas Timur, pemudik motor akan dikawal Polres Lampung Timur. Sampai masuk ke wilayah Kabupaten Mesuji.
Sampai di Mesuji, petugas kembali estafet dengan Satlantas Polres Mesuji. Yang selanjutnya bakal diantar sampai Sungai Sodong, Sumatera Selatan.

Sampai Sungai Sodong kami estafet antar polda. Dari petugas Polda Lampung, kami serahkan ke petugas Polda Sumatera Selatan untuk terus dikawal sampai tujuan. Pemudik tak perlu khawatir, kami juga sudah berkomunikasi dengan pihak PJR Ditlantas Polda Sumatera Selatan untuk pengawalan ini.

Demikian juga untuk jalur lintas tengah dan Lintas Barat seluruhnya pemudik akan dikawal secara estafet sampai ke tujuan.

Selain itu,  Ditlantas juga menyiapkan  pengawalan arus balik dari titik kumpul Polres Mesuji ke Pelabuhan Bakauheni.

Seluruh pengawalan bagi masyarakat yang melaksanakan mudik baik pemberangkatan maupun pada arus balik nanti Ditlantas Polda Lampung dan jajaran tidak ada pungutan biaya alias gratis demi keamanan dan kenyamanan pemudik.

 

You cannot copy content of this page