Gempa 7,1 M di Talaud Sulawesi Utara, Ini Kata BMKG

  • Bagikan

TERASLAMPUNG.COM — Gempa bumi berkekuatan 7,1 magnitudo mengguncang wilayah Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, Kamis malam (21/1/2021) pukul  19:23 WIB.

BACA: Gempa 7,1 M, Goncangan Kuat Dirasakan Warga Kepulauan Talaud

Badan Meteorogi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis gempa berpusat di 154 km bawah pemukaan laut pada 4.98 LU – 127.38 BT atau 134 kilometer timur laut Melonguane, Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara.

Menurut BMKG,  getaran gempa terkini itu dirasakan sampai Manado dan bahkan Ternate.

Gempa yang tidak berpotensi tsunami ini dengan intensitas terukur terkuat di Melonguane. Juga Tahuna di Kepulauan Sangihe dan Ondong di Kepulauan Siau, masing-masing, dalam skala IV MMI.

Intensitas gempa pada skala itu diilustrasikan dengan gempa pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah. Sedang di luar rumah dirasakan oleh beberapa orang. Gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.

Baca Juga:  Dana Keistimewaan DIY pada 2021 Mayoritas untuk Kebudayaan

Intensitas yang lebih lemah, yakni skala III MMI atau gempa terasa di dalam rumah seakan ada truk melintas, terukur Manado, Bitung, Gorontalo, Halmahera Utara, Halmahera Barat, Galela, dan Waisai. Sedang di daerah lain seperti Bolaang Uki dan Ternate merasakannya lebih lemah lagi, skala II MMI.

Koordinator Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, baru menyebut gempa itu berpotensi merusak di Talaud.

“Mohon bantuan teman-teman jika ada laporan kerusakan gempa Talaud 7,0 M,” katanya lewat akun Twitter.

 

  • Bagikan