Disuruh Pindah, Para Pedagang Pasar Smep Bandarlampung Resah

  • Bagikan
Pasar Smep Bandarlampung

KANALLAMPUNG.COM — Pedagang Pasar Smep Bandarlampung resah karena adanya surat edaran dari Dinas Perdagangan Kota Bandarlampung yang meminta para pedagang pindah dari tempat penampungan sementara ke Pasar Smep.

Menurut salah seorang pedagang sayuran, Asmiati (50), para  pedagang diminta pindah pada tanggal 20 Oktober 2021. Padahal, sampai sekarang di tempat yang baru fasilitas pendukungnya belum ada.

“Di Pasar Smep yang baru belum ada lampu, air bersih juga tempat pembuangan air. Kami diminta pindah diberi waktu 5 hari ya tidak bisa,” kata Asmiati yang sudah 8 tahun di tempat sementara itu, Jumat pagi di Kantor Dinas Perdagangan 15 Oktober 2021.

Keberatan untuk segera pindah dari tempat penampungan sementara ke Pasar Smep juga disampaikan Rudi (56), pedagang kue yang sebelumnya mempunyai toko. Rudi sampai kini masih menjadi pedagang hamparan setelah pengembang Pasar Smep yang lama kabur. Uang muka sebesar 30 persen yang disetorkan Rudi pun melayang.

Jika saat ini ia disuruh pindah, kata Rudi, akan sangat memeberatkan. Sebab, ia kini sedang merintis kembali usahanya dari nol setelah toko yang dimilikinya tidak jelas menyusul silang-sengkarutnya proyek Pasar Smep.

Baca Juga:  2021 Ekonomi Tumbuh Positif, Penjualan Perangkat Elektronik Terdongkrak

“Meski saya jualan secara hamparan, saat ini dagangan saya itu ada ratusan item. Kalau  mendadak diminta pindah ya pasti repot. Kami bukan tidak mau pindah. Kami mau saja pindah asallkan fasilitas di tempat baru sudah lengkap,” ujar Rudi.

Untuk menyampaikan permintaan pedagang itu, puluhan pedagang mendatangi kantor Dinas Perdagangan Kota Bandarlampung dan ditemui salah seorang staf di sana. Staf tersebut berjanji akan menyampaikan aspirasi pedagang tersebut ke pimpinannya.

Sementara itu, siang harinya Kepala Dinas Perdagangan Kota Bandarlampung, Wilson Faisol mengatakan pihaknya secepatnya menyelesaikan permintaan para pedagang di Pasar Smep tersebut.

“Besok kita akan bersihkan pasar tersebut karena sudah lama tidak digunakan. Kita akan kerjasama dengan Dinas PU, Lingkungan Hidup juga BPBD,” katanya.

“Soal air dan listrik serta pembuangan air kita kerjakan secara beriringan, insyaallah secepatnya Pasar Smep sudah bisa ditempati oleh pedagang dan ini sesuai arahan pimpinan,” pungkasnya.

 

  • Bagikan