Tahun Ajaran Baru, 11 Ribu Lulusan SD di Bandarlampung Bisa Ditampung di SMP Negeri

rpt

KANALLAMPUNG.COM — Tahun ajaran 2023/2024 ditargetkan 11 ribu anak lulusan Sekolah Dasar (SD) di Kota Bandarlampung diterima di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN).

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandarlampung Mulyadi menjelaskan, lulusan SD tahun ini sebanyak 16 ribu anak dan 11 ribunya bisa diterima di SMPN

“Mudah-mudahan 11 ribu anak lulusan SD diterima di 45 SMPN yang tersebar di 20 kecamatan di Bandarlampung. Sisanya 5.000 anak bisa ke SMP swasta,” jelasnya, Jumat, 14 Juli 2023.

Mulyadi mengatakan, ada dua jalur penerimaan siswa/i SMPN yaitu afirmasi dan zonasi. Untuk penerimaan siswa SMPN yang didahulukan jalur afirmasi atau Biling (Bina Lingkungan) kemudian baru jalur zonasi atau reguler.

Mulyadi optimistis masyarakat di Kota Bandarlampung tuntas wajib belajar 9 tahun karena untuk masyarakat belum mampu melalui jalur afirmasi atau Biling disiapkan bagi 7.000 siswa/I.

“Kami siapkan 7.000 bagi anak-anak jalur Biling sedangkan yang zonasi kita siapkan bagi 4.000 anak. Untuk itu kami optimis anak-anak di Bandarlampung bisa sekolah minimal sampai SMP,” jelasnya.

“Bahkan ada satu SMPN siswa/i dari jalur afirmasi atau Biling dalam penerimaan siswa barunya bisa 90 persen,” tambahnya.

Bagi siswa yang ingin masuk melalui jalur Biling pertama bisa diterima di sekolah terdekat (zona), kemudian syaratnya harus ada Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang dikeluarkan oleh kelurahan setempat. Siswa jalur Biling tidak dipungut biaya.

Mas Alina