Stok Vaksin Sangat Minim, Vaksinasi Covid-19 di Lampura Baru 9 Persen

  • Bagikan
Vaksin Covid-19. Foto: indiatvnews.com

KANALLAMPUNG.COM, Kotabumi– Minimmnya stok vaksin Covid-19 di Lampung tidak hanya terjadi di Bandarlampung. Di semua kabupaten/kota di Lampung diyakini stok vaksin Covid-19 juga sangat minim. Di Lampung Utara, minimnya stok vaksin membuat persentase jumlah warga yang telah menjalani vaksinasi Covid-19 di Lampung Utara hingga kini baru mencapai sekitar 8 – 9 persen.

“Kalau secara keseluruhan, mungkin 8 – 9 persen yang sudah divaksinasi,” kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Lampung Utara, Maya Natalia Manan, Selasa (13/7/2021).

Persentase itu didapat dari vaksinasi terhadap tenaga kesehatan, golongan lanjut usia (lansia), dan masyarakat umum. Untuk tenaga kesehatan, vaksinasinya hampir seluruhnya telah divaksin. Sementara untuk golongan lansia dan masyarakat, persentase vaksinasinya mencapai 4 dan 2 persen.

Baca Juga:  Hari Pers Sedunia, AJI Bandarlampung Gelar Diskusi “Dalam Bayang-bayang Represi"

‎”Kendalanya karena pemberian vaksin itu dilakukan secara bertahap,” jelasnya.

Maya menyebutkan, persentase vaksinasi yang dilakukan itu masih jauh di bawah harapan. Itu dikarenakan kebutuhan vaksinasi Lampung Utara mencapai 800-an ribu dosis. 800-an dosis vaksin itu dipergunakan untuk dua tahap.

“Target kami 450-an ribu lebih yang akan divaksinasi di Lampung Utara,” kata dia.

Untuk memenuhi target vaksinasi itu, mereka selalu berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Lampung untuk mengirimkan vaksin pada Lampung Utara. Nyaris tiap pekan, pihaknya mereka selalu menjalin komunikasi supaya Lampung Utara dapat segera menerima vaksin itu.

“Pemberian vaksinnya kan memang bertahap, tapi tiap minggu, kami kejar‎ agar Lampung Utara dapat dikirimkan vaksin tersebut,” tuturnya.

  • Bagikan