RSUD Dadi Tjokrodipo Gelar Operasi Bibir Sumbing dan Celah Langit-langit secara Gratis

TERASLAMPUNG.COM — Program¬† operasi bibir sumbing dan celah langit-langit secara gratis yang dilaksanakan oleh Pemkot Bandarampung melalui Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) A. Dadi Tjokrodipo disambut positif oleh masyarakat.

Program yang dinamai bakti sosial operasi bibir sumbing dan celah langit-langit itu juga merupakan rangkain perayaan HUT ke-341 Kota Bandarlampung.

Program ini bukan hanya berlaku bagi warga Kota Bandarlampung, tetapi bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Lampung.

Suwanto (51), warga Kota Gajah, Lampung Timur, misalnya, pernah ikut program in. Dia mendatangi RSD A. Dadi Tjokrodipo untuk mengoperasi cucu lakinya bernama Alfareza yang berusia tiga bulan.

“Saya dapat kabar operasi bibir sumbing ini dari pengemudi ojek online (ojol) tetangga saya. Dia bilang ada operasi bibir sumbing yang gratis di rumah sakit daerah di Bandarlampung,” jelasnya kepada teraslampung.com, Sabtu, 17 Juni 2023.

Suwanto mengaku program Pemkot Bandarlampung yang dilaksanakan oleh RSD A. Dadi Tjokrodipo ini sangat membantunya karena tidak dipungut biaya dan dia berterimakasih kepada para dokter yang sudah merawat cucunya.

“Saya nggak kebayang berapa dana yang akan keluar kalo pake umum. Makanya saya terimakasih sama walikota juga dokter-dokter yang ngoprasi cucu saya. Yang dari kabupaten lain bukan saya saja mas. Setahu saya ada 30 orang yang dioperasi. Beberapa di antaranya berasal dari Way Kanan dan Sumatera Selatan,” jelasnya.

Dalam pelaksanaan bakti sosial operasi sumbing dan celah langit-langit di RSD A. Dadi Tjokrodipo di jalan Basuki Rahmat, Kecamatan Telukbetung Selatan tidak dibiayai oleh APBD Pemkot Bandarlampung.

“Pemkot tidak keluar anggaran untuk kegiatan ini. Anggarannya dari rumah sakit sendiri. Mungkin kerjasama dengan perusahaan-perusahaan mitra mereka,” jelas Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), M. Ramdhan.

Dandy Ibrahim