Pemkot Bandarlampung Gelar Peringatan Hari Lahir Pancasila

KANALLAMPUNG.COM — Pemkot Bandarlampung melaksanakan peringatan Hari Lahir Pancasila dalam suatu upacara di lapangan kantor tersebut, Kamis 1 Juni 2023.

Walikota Eva Dwiana bertindak sebagai inspektur upacara sekaligus membacakan amanat Presiden RI Jokowi yang mengingatkan Pancasila bukan hanya untuk dibaca dan didengar namun harus dipraktikkan dan diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Nilai-nilai Pancasila dapat diamalkan dalam bentuk sederhana, seperti saling menghargai, bekerjasama dan saling menghormati. Berkat Pancasila dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong, keberagaman yang ada menjadi berkah yang dirajut dalam identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika,” pesannya.

Presiden Jokowi juga menjelaskan target mewujudkan Indonesia emas pada tahun 2045 serta impian tahun 2085 menjadi bangsa yang memiliki SDM yang kecerdasannya mengungguli bangsa-bangsa lain.

“Juga menjunjung tinggi pluralisme, berbudaya, religius dan menjunjung tinggi nilai-nilai etika. Menjadi pusat pendidikan teknologi dan peradaban dunia,” jelasnya

“Selain itu, masyarakat dan penyelenggara negara yang bebas dari perilaku korupsi. Juga terbangunnya infrastruktur yang merata dan menjadi negara yang paling berpengaruh di Asia Pasifik serta negara kita menjadi barometer pertumbuhan ekonomi dunia,” tambahnya.

Hadir dalam upacara Hari Lahir Pancasila di halaman Pemkot Bandarlampung itu Wakil Walikota Deddy Amarullah, Ketua DPRD Wiyadi, Sekdakot Iwan Gunawan, para Asisten, unsur Forkopimda dan kepala dinas/badan.

Mas Alina