Pemkot Bandarlampung Cairkan Tukin Secara Bertahap

TERASLAMPUNG.COM — Pemkot Bandarlampung mulai mencairkan dana Tunjangan Kinerja (Tukin) bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungannya, setelah menerima surat rekomendasi dari Kementerian Dalam Negeri.

Setelah dana Tukin diterima oleh para PNS, Walikota Eva Dwiana berharap dapat meningkatkan kinerja serta semangat para PNS di bulan Ramadhan ini.

“Tukin sudah cair. Saya berharap PNS makin semangat apa lagi bekerja pada Ramadan ini. Semoga juga jadi amal kita kalau kita kerjanya semangat dan ikhlas,” katanya di Pemkot Bandarlampung, Jumat 24 Maret 2023.

Di tempat terpisah, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) M. Ramdhan menjelaskan, pencairan Tukin itu masih belum semua PNS menerimanya karena tergantung dana yang masuk.

“Pencairan Tukin ini setelah Pemkot mendapat rekomendasi dari Kemendagri (Kementrian Dalam Negeri), karena dana yang tersedia tidak banyak. Pencairan Tukin ini bertahap ke semua OPD (Organisasi Perangkat Daerah),” jelasnya.

“Kami (Pemkot) butuh dana Rp9 milyar untuk membayar Tukin oleh sebab itu pencairannya bertahap tergantung ketersediaan dananya. Tambahan info, yang dicairkan ini Tukin bulan Januari ya,” tambahnya.

Pencairan bertahap itu diakui salah seorang PNS yang belum mendapat Tunjangan Kinerja karena dana Tukin belum masuk ke rekeningnya.

“Memang saya dengar sudah cair, sudah ada temen saya di dinas lain yang Tukinnya cair. Kalau saya sih belum masuk rekening, mungkin nanti kali ya,” ungkap PNS yang enggan disebut namanya itu.