Pemkot Bandarlampung akan Gelar Operasi Bibir Sumbing dan Celah Langit-langit Mulut Gratis

KANALLAMPUNG — Dalam rangka HUT ke 341 Kota Bandarlampung, Pemkot Bandarlampung akan menggelar bakti sosial operasi bibir sumbing dan celah langit-langit mulut bagi masyarakat Lampung mulai 15 Juni 2023 mendatang.

Walikota Eva Dwiana menjelaskan, operasi bibir sumbing dan celah langit mulut itu tidak dipungut biaya dan bukan hanya untuk warga Kota Bandarlampung saja. Serta akan dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) A. Dadi Tjokorodipo di jalan Basuki Rahmat, Kecamatan Telukbetung Selatan.

“Bagi masyarakat Lampung dari kabupaten/kota lain yang ingin ikut silahkan mendaftar ke RSUD Tjokrodipo. Batasannya adalah usia 16 tahun ke bawah,” jelasnya di Pemkot Bandarlampung, Kamis , 4 Mei 2023.

Eva Dwiana mengakui program bakti sosial bibir sumbing dan langit-langit itu terinspirasi dari anaknya yang kecil yang sempat operasi celah langit-langit mulut di salah satu rumah sakit di Palembang.

“Kalau operasi bibir sumbing rasanya tidak perlu menginap. Tetapi kalo langit-langit seperti anak saya mungkin harus menginap. Pelaksanaan operasi itu kisaran 3 – 4 hari,” ungkapnya.

“Pelaksanaan operasi bibir sumbing dan langit-langit itu dimulai tanggal 15 Juni di Tjokrodipo,” tambahnya.

Eva Dwiana menjelaskan syarat pasien yang akan mengikuti operasi bibir sumbing adalah, tidak dalam keadaan sakit (batuk/demam/pilek), berat badan minimal 5 Kg dan usia minimal 3 bulan.

“Sedangkan untuk pasien celah langit-langit juga sama, dalam keadaan sehat, berat badan minimal 10 kg dan usia minimal sepuluh bulan,” pungkasnya.