Organisasi Lingkungan Ini Ubah Sampah Plastik Jadi Roster Ramah Lingkungan

KANALLAMPUNG.COM — Gajahlah Kebersihan, sebuah organisasi yang fokus dalam penanganan isu sampah pesisir di kota Bandar Lampung saat ini sedang mengembangkan produk kreatif hasil dari daur ulang sampah di pesisir kota bandar lampung, salah satu contoh produk unik yang saat ini menarik perhatian adalah produk roster atau ventilasi beton ramah lingkungan.

Roster ini terbuat dari campuran olahan sampah plastik tertolak yang tidak memiliki nilai jual  seperti sachet, kantong plastik, maupun sedotan plastik.

Produk roster yang dipamerkan oleh Gajahlah Kebersihan ini merupakan hasil inisiasi pengolahan sampah plastik yang memberdayakan masyarakat pesisir kota BandarLampung, melalui program Pasaran Wawai yang didukung oleh Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB) dan Pemerintah Kota Bandarlampung melalui Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandar Lampung.

Program Manager Gajahlah Kebersihan, Marcelina Anggun F, menuturkan produk roster atau ventilasi ini berbahan sampah plastik. Dalam pembuatannya telah melalui proses pencacahan, pencampuran, dan pencetakan di Rumah Inovasi Daur Ulang (RINDU) yang terletak di wilayah Telukbetung Timur.

Putri Winda Sari, Co-founder Gajahlah Kebersihan, menyampaikan dalam penerapannya, roster ramah lingkungan ini bisa digunakan sebagai bahan baku pembuatan taman, pagar, dinding, maupun teras rumah.

“Sehingga, kita bisa tetap membangun sekaligus mendukung keberlanjutan lingkungan dan masyarakat di Teluk Betung Timur serta tentunya bisa mendukung green lifestyle,” katanya.

Mas Alina