Dua Bulan, 20 Ular Dievakuasi dari Rumah Warga Bandarlampung

TERASLAMPUNG.COM — Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Kota Bandarlampung dalam satu bulan sedikitnya berhasil mengevakuasi 20 ekor ular yang masuk rumah warga.

“Dalam satu bulan sedikitnya kami mengevakuasi ular yang masuk pekarangan atau rumah warga sedikitnya 20 ekor. Apalagi di musim penghujan banyak warga yang menghubungi kami untuk mengevakuasi ular di pekarangan atau yang masuk rumahnya,” kata Kadis Damkar Anthoni Irawan, Rabu 15 Maret 2023.

“Saya mengapresiasi masyarakat yang menghubungi kami bukan langsung mematikan ular yang masuk rumahnya,” tambahnya.

Pada  pertengahan bulan Maret 2023 ini Damkar Kota Bandarlampung berhasil mengevakuasi 19 ekor ular yang masuk ke rumah warga, terakhir di Kecamatan Tanjungkarang Timur.

“Pada Januari ada 17 ekor ular dan empat ekor biawak yang kami evakuasi, sedaangkan pada  Februari 20 ekor ular dan satu ekor biawak. Rata-rata ular yang kami evakuasi itu adalah ular Sanca mulai dari yang panjangnya 80 cm sampai empat meter,” jelas Anthoni Irawan.

Ular-ular yang ditangkap oleh personil Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan kini diamankan di kantor. Yang kecil-kecil dimasukan ke dalam akuarium sedang yang besar dimasukan kerangkeng. Namun, pihak Damkar mempersilahkan para penghobi binatang reptil itu untuk memeliharanya dan dan syaratnya hanya mengisi surat pernyataan.

“Nah, warga penghobi binatang reptil kami mempersilahkan mengambil binatang yang kami evakuasi untuk dipelihara syaratnya mengisi surat pernyataan saja. Form surat pernyataan sudah kami siapkan,” jelas Kadis Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan.

Anthoni Irawan menjelaskan, agar ular yang ditangkap itu tidak luka dibutuhkan keahlian untuk menangkapnya. Dan petugas yang mengamankan ular berbisa atau tidak sudah mendapat pelatihan khusus.

“Kami punya 15 orang yang sudah mendapat pelatihan khusus yaitu belajar dengan seorang pawang ular. Kami bagi dalam tiga regu berarti setiap regu ada lima orang yang terlatih,” jelasnya.

Anthoni Irawan menginformasikan kepada warga Kota Bandarlampung yang membutuhkan bantuan baik itu kebakaran dan evakuasi binatang buas juga sarang tawon bisa menghubungi nomor telepon 0721-25274.

Dandy Ibrahim