Dinonjobkan, Lima Kepala Puskesmas di Bandarlampung ke Luar Negeri Ternyata karena Dapat Hadiah dari Tokoh Budha

KANALLAMPUNG.COM — Teka-teki pemberhentian atau nonjob empat Kepala Puskesmas dan satu Plt Kapuskes oleh Walikota Bandarlampung Eva Dwiana terkuak. Sebelumnya, Walikota Eva Dwiana maupun Kadis Kesehatan, Desti saat akan dikonfirmasi soal nonjob tersebut sama-sama enggan menjawab. Bahkan ada satu pejabat yang meminta untuk tidak menulis berita tersebut.

BACA: Pergi ke Luar Negeri Tanpa Izin, Lima Kepala Puskesmas di Bandarlampung Dinonjobkan

Dari penelusuran kanallampung.com terkuak bahwa kepergian ke lima orang tersebut ke luar negeri merupakan hadiah dari tokoh agama Budha di Telukbetung Selatan yaitu Suhu Riki.

Kanallampung.com mendapat info dari sumber yang dekat dengan kalangan pejabat di lingkungan Pemkot Bandarlampung bahwa Kapuskes Palapa, Simpur, Kota Karang, Labuhan Ratu dan Plt Kapuskes Sukaraja berangkat ke luar negeri hadiah dari Suhu Riki.

Alasan pemberian hadiah itu mereka cukup membantu kegiatan vaksinasi Covid-19 yang difasilitasi oleh Suhu Riki.

“Mereka (Kapuskes) itu selama pandemi Covid-19 banyak membantu kegiatan vaksinasi yang difasilitasi oleh Suhu Ricky. Mungkin, karena banyak membantu suhu akhirnya dia memberi hadiah berupa traveling ke luar negeri,” kata sumber itu, baru-baru ini.

Alasan pemberhentian/non job itu karena para Kapuskes tidak mengajukan izin. Namun, sumber tersebut membantah bahwa mereka mengajukan izin tapi bukan ke luar negeri.

“Mereka itu izin kok, cuma izinnya misalnya ada kepentingan keluarga, ya kek gitu-gitu lah. Buat saya sih mereka wajar aja dapet penghargaan itu karena selama pandemi mereka kerja luar biasa,” ungkapnya.

Sumber tersebut juga mengatakan akibat keputusan nonjob itu, Walikota Eva Dwiana menyempatkan meminta maaf kepada Suhu Ricky.

“Saya dengar Bunda (panggilan akrab walikota) sudah minta maaf kok ke Suhu Ricky,” katanya.

Suhu Riki pemimpin umat Budha di Vihara Amurwa Bhumi di jalan Ikan Bawal Telukbetung Selatan dikenal dekat dengan Pemkot Bandarlampung sejak Herman HN menjadi Walikota Bandaralampung.

Kanallampung.com mendatangi Vihara Amurwa Bhumi untuk konfirmasi kepada Suhu Riki sayangnya oleh keamanan vihara tersebut dikatakan suhu sedang sibuk dan tidak bisa diganggu.

“Maaf kawan-kawan suhu sedang bersih-bersih tempat persembahyangan jadi tidak bisa diganggu,” jelas Joni petugas keamanan Vihara Amurwa Bhumi, Senin 13 Maret 2023.

Mas Alina