Beranda Hukum Bakar Bendera Merah Putih, Warga Lampung Utara Ditangkap

Bakar Bendera Merah Putih, Warga Lampung Utara Ditangkap

43
0
BERBAGI

KANALLAMPUNG.COM — Video aksi pembakaran bendera merah – putih mendadak viral di jagat dunia maya. Belakangan diketahui, aksi pembakaran ini dilakukan oleh MA (33), warga Sribasuki, Kotabumi, Lampung Utara.

Video pembakaran ini diunggah oleh MA dengan menggunakan nama palsu di akun Facebook dengan nama Maisy Van Den Hock (noni). Durasi video sendiri berlangsung sekitar 30 detik. Pihak kepolisian langsung bergerak cepat dengan mengamankannya pada Senin (3/8/2020).

‎”MA diamankan di rumahnya tak lama setelah mendapat informasi pembakaran itu,” kata Kapolres AKBP Bambang Yudo Martono, Senin (3/8/2020)‎.

Perwira menengah kepolisian ini mengatakan, yang bersangkutan diduga mengalami gangguan kejiwaan. Pihaknya akan memeriksa kondisi kejiwaan pelaku di Rumah Sakit Jiwa Kurungan Nyawa di Bandarlampung.

“Selain MA, ayahnya juga kami amankan dan akan diperiksa kondisi kejiwaannya,” ‎tuturnya.

Perkiraan adanya gangguan kejiwaan ini berawal dari keterangan MA yang terbilang tidak masuk akal. MA beralasan pembakaran ini atas perintah PBB untuk mengubah NKRI menjadi Kerajaan Mataram.

“Barang bukti yang diamankan alat bukti untuk membakar, serta beberapa bahan bendera Belanda,” jelasnya.

Di sisi lain, MA ketika dikonfirmasi memberikan keterangan yang berbelit – belit atau dengan kata lain ngawur. Namun, ia tid‎ak membantah bahwa ia telah membakar bendera merah-putih itu.

“Iya, benar,” kata dia.