Beranda Lampung Antisipasi Virus Corona, Gubernur Lampung Kunjungi Pelabuhan Bakauheni

Antisipasi Virus Corona, Gubernur Lampung Kunjungi Pelabuhan Bakauheni

43
0
BERBAGI

KANALLAMPUNG.COM — Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengunjungi Pelabuhan Bakauheni untuk memastikan kesiapan pelabuhan tersebut dalam mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19, Selasa (7/4/2020),

Gubernur Arinal menyaksikan para petugas yang menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap, di antaranya petugas yang melakukan pemeriksaan pemudik dan penanganan PDP 24 jam (baju kuning) dan petugas disinfektan (baju kuning tua).

“Walaupun saya sudah diingatkan untuk tidak berlama-lama di sini, tapi saya ingin bertemu kalian. Jangan sampai melayani masyarakat, tapi terancam kesehatannya,” ujar Gubernur Arinal.

Gubernur juga memberi semangat kepada para petugas. “Kita bekerja untuk menyelamatkan bangsa dan daerah. Tetapi juga kita harus dalam keadaan selamat. Terus jaga semangat agar selalu sehat,” ujar Gubernur.

Menurut Arinal, Pelabuhan  Bakauheni sebagai pintu gerbang Pulau Sumatera harus mendapatkan perhatian lebih. Sebab, arus lalu lintas orang dari Pulau Jawa menuju Sumatera melalui pelabuhan ini sangat tinggi.

Gubernur mengimbau pemeriksaan ini dilakukan sesuai dengan prosedur tetapnya (protap), baik itu di pelabuhan dermaga eksekutif maupun pelabuhan dermaga reguler.

“Kita juga harus ingatkan kepada masyarakat yang telah diperiksa, agar ketika sampai di kampungnya untuk melakukan isolasi diri. Kepala desa juga harus ingatkan warganya yang dari mudik untuk isolasi selama 14 hari, hal ini dilakukan sebagai kewaspadaan,” jelas Gubernur Arinal.

Gubernur minta masyarakat, khususnya petugas kesehatan untuk selalu menjaga protap kesehatan, seperti rajin mencuci tangan, menggunakan masker, menghindari kerumunan, dan jaga jarak minimal 1 meter.

Pada kesempatan itu, Gubernur Arinal juga mengingatkan Bupati Lampung Selatan agar RSUD Bob Bazar Kalianda untuk selalu siap. Hal ini dikarenakan Rumah Sakit tersebut merupakan salah satu rumah sakit rujukan di provinsi yang sudah terdata di Kementerian Kesehatan.

Dalam kunjungan Gubernur itu , salah satu Petugas Kesehatan di Dermaga Eksekutif menuturkan bahwa selama ini telah melakukan tugasnya sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP).

Loading...